Sabtu, 17 April 2010

APA ITU CAFTA ??

Gambaran Umum
Amerika Serikat-Republik Dominika-Amerika Tengah Perjanjian Perdagangan Bebas (CAFTA) adalah salah satu dari serangkaian Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) bahwa Amerika Serikat telah memasuki dengan tetangganya di Belahan Barat. Yang paling akrab ini adalah yang berumur satu dekade NAFTA, Amerika Utara Perjanjian Perdagangan Bebas, yang menghubungkan Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.Selain itu, AS telah melakukan negosiasi atau masih negosiasi FTA dengan Chile, Panama dan Negara Andes - Peru, Kolombia, Ekuador dan Bolivia.

Seperti perjanjian tersebut, CAFTA terbuka, bukan hanya sebuah era baru dalam perdagangan antara Amerika Serikat dan negara-negara tetangganya, tetapi juga peluang baru bagi perusahaan-perusahaan AS dan operasi AS perusahaan asing. Secara historis, Amerika Serikat telah menjadi mitra perdagangan utama dari setiap negara dalam perjanjian- Kosta Rika , Republik Dominika ,El Salvador , Guatemala , Honduras , dan Nikaragua . Kebijakan pemerintah AS telah memberikan negara-negara ini relatif terbuka akses ke pasar AS untuk barang-barang mereka, sekaligus melindungi pasar sendiri dengan tarif dan penghalang lainnya. Tarif dan hambatan ini dicegah atau sangat dibatasi akses AS ke pasar di negara-negara untuk manufaktur barang-barang AS, produk pertanian, jasa profesional, dan investasi.


CAFTA telah menghilangkan semua tarif pada 80 persen dari barang-barang manufaktur AS, dengan sisanya dihapus selama beberapa tahun. Penting, perjanjian tersebut tidak terbatas untuk barang-barang manufaktur, namun juga meliputi hampir setiap jenis perdagangan dan pertukaran perdagangan antara negara-negara ini dan Amerika Serikat. Hal ini juga memperkuat peraturan dan standar perlindungan lingkungan di Amerika Tengah dan Republik Dominika dan menyediakan untuk independen, pengawasan di luar (. Baca teks penuh dari Amerika Serikat-Republik Dominika-Tengah Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika. )

Hambatan perdagangan jatuh

Dari waktu ke waktu, dengan penerapan CAFTA, sebagian besar tarif dan hambatan yang sebelumnya akses terbatas ke pasar-pasar akan jatuh. Tugas pada lebih dari 80 persen dari $ 17 miliar dalam barang-barang AS diekspor ke daerah setiap tahun telah berakhir. Dalam lima tahun, 85 persen dari barang-barang ekspor AS menjadi bebas bea, sementara tarif sisanya akan dihapus lebih dari 10 tahun. Jadi, bahkan di awal, CAFTA menyediakan perusahaan yang berlokasi di Amerika Serikat keuntungan terukur di pasar ini lebih dari pesaing dari bagian lain dunia.

Penyedia layanan mendapatkan akses

Khususnya, dengan layanan yang lebih besar saham yang mewakili kalinya ekonomi AS, CAFTA secara signifikan meningkatkan akses pasar oleh penyedia layanan AS di sektor jasa - jasa keuangan (perbankan, pembiayaan perdagangan, asuransi, sekuritas); telekomunikasi dan layanan TI;, teknik arsitektur, dan desain jasa; konsultasi, jasa hukum dan akuntansi; pendidikan dan kesehatan, transportasi / distribusi / logistik, dan berbagai jenis lain layanan profesional-Republik Dominika dan Amerika Tengah ekonomi.

Peluang investasi terbuka

Secara signifikan, hambatan bagi investasi AS juga jatuh. Di negara-negara CAFTA, perusahaan-perusahaan AS diperlakukan seolah-olah mereka adalah lokal. Dan, untuk pertama kalinya, mereka beroperasi dalam kerangka hukum yang handal. Dengan cara yang sama, hak atas kekayaan intelektual yang dilindungi karena mereka telah berada di Amerika Serikat. Perjanjian ini juga disusun untuk mendorong transparansi dalam pengadaan pemerintah, membuka lagi menutup pintu bagi bisnis AS sebelumnya.

Kesejahteraan dan stabilitas yang lebih besar di daerah

Selain manfaat ekonomi bagi bisnis AS, CAFTA menjadi batu loncatan untuk stabilitas ekonomi dan politik yang lebih besar di wilayah ini dengan memupuk aturan hukum; terbuka, tata pemerintahan yang transparan; hak dan pasar; investasi berbasis kompetisi perlindungan hak milik pribadi, dan integrasi ekonomi regional . Sebagai pasar dan memperkuat masyarakat sipil dan menjadi lebih stabil, dapat diprediksi dan ekonomi terkait, warga negara di negara-negara CAFTA akan memiliki prospek ekonomi yang lebih besar di rumah.

Gelombang masa depan

Keberhasilan perjanjian CAFTA dan cembung lainnya memberikan dorongan penting untuk pembentukan akhir dari apa yang akan menjadi cembung akhir FTA, Free Trade Area of the Americas, FTAA. Ketika akhirnya diimplementasikan, FTAA akan bersatu menjadi sebuah kawasan perdagangan bebas tunggal di 34 ekonomi Amerika, membuatnya menjadi FTA terbesar di dunia bahkan melebihi 7-anggota Uni Eropa.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar